cold chain

Cold Chain Menjadi Integritas Supply Chain

Supply Chain Adalah

Supply Chain Adalah – Di Indonesia, supply chain adalah rantai pasok atau menurut istilah adalah jaringan antara perusahaan dan pemasok untuk memproduksi dan mendistribusikan produk tertentu hingga konsumen akhir. Selama bertahun-tahun, logistik rantai pasok dingin telah menjadi bagian penting dalam pengangkutan makanan dan persediaan yang mudah rusak dari satu tempat ke tempat lain. Produk yang sensitif terhadap suhu harus dikirim melalui rantai pasokan seperti produk lainnya, dan banyak ilmu pengetahuan dan teknologi diperlukan untuk menjaga kesegaran selama pengiriman produk ini. Jadi, bagaimana perusahaan mengintegrasikan logistik rantai dingin ke dalam proses pengiriman mereka, dan sistem apakah yang mereka gunakan untuk memastikan makanan mereka tetap berkualitas tinggi?

Manfaat Logistik Rantai Pasokan Dingin!

Selain mengontrol suhu produk yang mudah rusak dan memastikan aman dikonsumsi, penggunaan rantai dingin menawarkan manfaat lain, antara lain :

1. Menjaga Kualitas Suatu Produk.

Produk yang sensitif terhadap suhu, seperti makanan segar, obat-obatan, dan bahan kimia, memerlukan gudang cold storage yang mempunyai suhu yang terkendali untuk mencegah kerusakan atau penurunan kualitas. Di sinilah logistik rantai dingin berperan penting dalam membantu menjaga kualitas produk tersebut.

2. Memperpanjang Masa Simpan Produk.

Penyimpanan yang baik dari logistik rantai pasok akan memberikan masa simpan produk agar lebih baik. Hal ini dikarenakan proses pendinginan atau pembekuan dan suhu yang optimal dapat menghambat pertumbuhan bakteri, mikroba dan enzim yang dapat merusak produk. Oleh karena itu, produsen dan distributor dapat menyimpan stok produknya lebih lama sebelum sampai ke pelanggan.

3. Meningkatkan Keamanan Suatu Produk.

Logistik rantai dingin yang menjaga suhu tetap stabil dan terkendali dapat membantu mencegah pertumbuhan mikro organisme berbahaya yang dapat menyebabkan keracunan makanan atau gangguan kesehatan lainnya. Misalnya saja pada industri farmasi, suhu yang stabil dan terkendali dapat menjaga keamanan dan efektivitas obat.

4. Mengoptimalkan Efisiensi Operasional.

Proses pengangkutan dan penyimpanan barang atau produk yang terorganisir di cold storage dalam rantai dingin dapat meminimalkan risiko kerusakan atau kehilangan produk. Hal ini dapat mengoptimalkan efisiensi operasional karena Anda dapat meminimalkan pemborosan, biaya perbaikan, dan hilangnya pendapatan akibat kerusakan produk.

5. Meningkatkan Reputasi Perusahaan.

Dengan menjamin bahwa produk akan tiba dalam kondisi yang baik dan bagus, perusahaan dapat menghasilkan kepercayaan dan loyalitas kepada pelanggan. Dengan cara ini, perusahaan akan memiliki reputasi yang baik untuk mempertahankan kualitas produk dan menjaga keselamatan konsumen. Loyalitas dan reputasi pelanggan dapat membantu perusahaan memenangkan persaingan dan memperluas jaringan penjualan.

Terdapat masalah umum yang terjadi dalam manajemen rantai pasokan dingin. Masalah umum ini dapat berpengaruh pada pengiriman barang. Pengemudi biasanya sangat menyadari potensi masalah ini dan akan melakukan tindakan terbaik untuk mengatasinya guna mencegah timbulnya masalah. Dibawah ini adalah beberapa permasalahan umum yang sering terjadi pada cold supply chain management:

1. Masalah Kualitas Produk

Permasalahan ini dapat terjadi pada pengangkutan bahan pangan dan hasil produksi. Untuk menghindari hal ini, pembersihan, pengeringan, dan pemrosesan yang benar harus dilakukan sebelum pengepakan dan pengiriman.

2. Kemasan Yang Tidak Memadai

Pengemasan juga bisa menjadi masalah jika pengemasan yang dilakukan kurang memadai. Faktanya, pengemasan yang memadai penting untuk mencegah kontaminasi dan kerusakan terkait transportasi. Aliran udara juga bisa menjadi sumber masalah lain dalam manajemen rantai dingin.

3. Kurangnya Dokumentasi Yang Memadai

Seluruh tahapan manajemen logistik rantai dingin harus didokumentasikan dengan baik, terutama selama transit. Dokumentasi dalam bentuk log data, termasuk pencatatan suhu dan kondisi penyimpanan, dapat membantu mencegah kondisi yang tidak tepat sehingga dapat merusak kargo.

4. Keterlambatan Pengiriman Atau Transportasi

Keterlambatan merupakan masalah bagi perusahaan logistik pada umumnya. Namun permasalahan ini bisa sangat merugikan perusahaan logistik cold chain, mengingat teknologi cold chain sangat sensitif terhadap waktu.

5. Kontrol Iklim Dan Suhu Diubah

Logistik rantai dingin berperan penting dalam pengiriman dan penanganan barang, sehingga aman untuk dikonsumsi Masyarakat. Jika Anda membutuhkan jasa kendaraan logistik cold supply chain yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan tim Agungrent ya. 

Konsultasikan kebutuhan kendaraan cold chain perusahaan Anda ke Agungrent. Cari perusahaan rental mobil yang terpercaya, profesional dan terbaik? Agungrent aja! Klik link berikut untuk informasi selengkapnya https://rantaipasokes.agungrent.co.id/

Author : Fajar

Sumber Image : www.google.com

cold chain

AntarEs adalah integrated cold chain solution, yang bertujuan untuk menyediakan solusi cold chain logistic mencakup transportasi, penyimpanan & distribusi produk di seluruh rantai nilai dan penyediaan layanan bernilai tambah terbaik di kelasnya.

Connected With Us

Copyright © 2024 RantaipasokES