Komponen Dasar Manajemen Rantai Pasokan

manajemen rantai pasok

Manajemen Rantai Pasok – SCM atau Supplay Chain Management adalah rangkaian proses pengelolaan manajemen, pemasok dan pelanggan dada ekosistem rantai pasok.

Konsep ini berkaitan dengan prinsip distribusi produk yang secara efektif dapat menggantikan prinsip distribusi produk. Prinsip ini berlaku pada proses produksi, distribusi dan logistik. Oleh karena itu, dalam praktiknya, SCM memiliki banyak aspek dalam implementasinya. Sektor ini tidak hanya mencakup produsen dan pemasok tetapi juga mencakup banyak pihak termasuk penjual, pengecer, produsen, dan konsumen. Aplikasi meliputi:

1. Perencanaan

Kemajuan manajemen rantai pasok dapat direncanakan melalui proses identifikasi strategi dan tujuan dari proses perencanaan. Bahkan, mencapai efisiensi dan efektivitas dengan mengorbankan kualitas produk.

2. Source

Pada hal ini, perusahaan wajib menetukan mana supplier bahan baku yang memberikan supplay yang terbaik. Sehingga, sangat perlu untuk dapat menetapkan harga yang masuk di pasar, mengelola pengiriman, pembayaran bahan hingga menjaga hubungan baik dengan supplier. Karena tanpa semua itu, perlengkapan terbaik sekalipun akan terasa tidak berguna karena tidak bisa digunakan secara maksimal.

3. Melakukan

Dapat dikatakan bahwa ini adalah bagian yang sangat penting dari keseluruhan proses manajemen rantai pasok. Ya, sektor manufaktur. Perlu dipersiapkan program yang diperlukan untuk proses produksi, pengujian, pengemasan dan persiapan pengiriman produk yang dapat diambil dalam bentuk produk dan jasa.

4. Kirim

Barang atau jasa yang dihasilkan akan didistribusikan. Karena hal itulah pentingnya juga untuk melakukan pengelolaan gudang penyimpanan, pemilihan distributor untuk pengiriman dan menentukan sistem pembayaran.

5. kembali

Akhirnya, selain mendapatkan pengembalian dalam bentuk uang atau layanan respons yang pasti karena kepuasan kebutuhan konsumen. Penting juga untuk menciptakan jaringan yang fleksibel dan responsif terhadap produk kita, misalnya layanan pelaporan, diskusi kelompok, atau pertemuan multisesi. Oleh karena itu, kita dapat mengetahui apakah kinerja bisnis yang dihasilkan sesuai dengan tujuan awal manajemen rantai pasok yang ditetapkan.

Demikian komponen komponen mengenai manajemen rantai pasok, untuk informasi lebih lanjut mengenai supplay chain, gudang cold storage maupun rantai pasok es bisa kunjungi https://rantaipasokes.agungrent.co.id/.

RantaipasokEs adalah integrated cold chain solution, yang bertujuan untuk menyediakan solusi cold chain logistic mencakup transportasi, penyimpanan & distribusi produk di seluruh rantai nilai dan penyediaan layanan bernilai tambah terbaik di kelasnya.

Connected With Us

Copyright © 2024 RantaipasokES